Friday, January 25, 2013

Nokia Akan Tinggalkan OS Symbian


Nokia Sambian 
Nokia dulunya pernah merajai pasaran ponsel di dunia dengan OS Symbian yang mereka pakai namun banyaknya ponsel yang menggunakan os Android saat ini membuat ponsel Nokia kalah bersaing di pasaran.

Poulernya ponsel pintar Android dan Apple  membuat Nokia kalah bersaing di pasar ponsel dunia sebab Nokia sepertinya kurang melirik perkembangan teknologi ponsel pintar di Dunia yang cenderung menggunakan OS Android yang gratis. Namun sepertinya Nokia tetap tidak akan mau menggunakan android sebagai sitem oprasi pad ponsel pintarnya.

Sadar OS Symbian tidak bisa bersaing lagi di pasaran ponsel pintar di dunia Nokia sepertinya akan meninggalkan OS Sambian yang pernah membuat nokia merajai pasaran Ponsel di dunia Sebagai gantainya Nokia bekerja sama dengan Microsoft untuk mempopulerkan perangkat Windows Phone.

Slah satu ponsel pintar Nokia yang kini menggunakan Windows Phone adalah produk Lumia yang saat ini tengah gencar gencar di promosikan oleh Nokia. Sedangkan produk terakhir Nokia yang menggunakan OS Symbian adalah Nokia 808 PureView.

“Selama masa transisi ke Windows Phone di 2012, kami terus melanjutkan perangkat berbasis Symbian,” tulis Nokia. “Nokia 808 PureView, perangkat yang memiliki kecanggihan mengambil gambar dan muncul di pertengahan 2012, merupakan perangkat Symbian terakhir dari Nokia,” lanjut Nokia.

Dalam laporan keunagan milik nokia terlihat jika ponsel sambian milik Nokia hanya sedikit meberikan keuntungan pada Nokia.

Di kuartal empat 2012 Nokia mendapatkan laba dari sektor handset sebesar US$ 367 juta. Tapi sebagian besar didapat dari pengiriman 4,4 juta perangkat Windows Phone Lumia. Sedangkan pengiriman smartphone Symbian hanya sebanyak 2,2 juta unit.

Secara keseluruhan OS android masih menguasai pasar semartphone di dunia sedangkan OS Symbian  hanya menguasai 2,6 persen  posel pintar yang ada di dunia.

sumber

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan