Saturday, January 19, 2013

5 Negara Yang Pernah Pindahkan Ibu Kota Negara

pindah ibu kota 
Wacana pemindahan ibu kota negara Indonesia pernah mencuat beberapa waktu lalu masalah Jakarta yang sangat sulit teratasi seperti kemcetan dan banjir inilah yang memberikan ide untuk memindahakan ibu kota negara  namun wacana ini sampai saat ini masih sebatas wacana dan apakah pemerintah berani mengambil langkah untuk memindahkan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Daerah lain di Indonesia ? Nah setidaknya ada beberapa negara di Dunia yang pernah melakukan pemindahan ibu kota negaranya kamu mau tahu negara manasaja yang telah sukses memindahkan ibu kota negaranya simak 5 Negara Yang Pernah Pindahkan Ibu Kota Negara berikut ini.

1. Brasil
Kurun waktu 1763 hingga 1960, Ibu Kota Rio de Janeiro menjadi pusat negara Brasil, namun kini sudah berpindah ke Brasilia.
Pemindahan ini atas prakarsa mantan Presiden Juscelino Kubitschek menilai kawasan itu sudah terlalu padat dan tidak tertib. Namun di masa awal memindahkan ibu kota, dia malah susah payah menghijrahkan fungsi-fungsi pemerintah bahkan dua dekade setelah itu, pemerintah masih mengiming-imingi warga dengan uang bagi yang mau menetap di Brasilia.

2. India
Barangkali hanya India yang sukses memindahkan ibu kota mereka dari Delhi ke New Delhi lantaran masih satu wilayah. Tidak ada kesulitan berarti saat memindahkan pusat pemerintahan dan masyarakat New Delhi langsung terbiasa dengan perpindahan itu.New Delhi resmi menjadi ibu kota India pada 1911.

3. Australia
Selama berdirinya negara Australia, Kota Melbourne menjadi ibu kota pertama sebelum akhirnya dipindahkan ke Canberra pada 1927.
Pemindahan ini merupakan hasil sayembara internasional pada 1911 saat pemerintah ingin menetapkan ibu kota baru. Syarat menjadi ibu kota baru yakni mempunyai taman kota dengan danau besar di pusat kotanya dan hanya Canberra memenuhi syarat.
Nama Canberra diberikan oleh Lady Denman, istri mantan Gubernur Melbourne pada 1913. Kata ini berasal dari bahasa aborigin, suku asli negara itu berarti tempat bertemu.

4. Pakistan
Pakistan telah memindahkan ibu kota mereka dari Karachi ke Islamabad. Perpindahan ini telah direncanakan dengan matang. Pemerintah Pakistan sudah lebih dulu membangun Islamabad sebelum akhirnya pusat pemerintahan negara itu pindah secara sah pada 1960.
Pertumbuhan penduduk di Islamabad mengalami kemajuan pesat sejak menjadi ibu kota. Dari populasi 100.000 orang menjadi hampir dua juta.

5. Inggris
Inggris pernah memindahkan ibu kotanya dari Winchester ke London pada 1066. Hampir sama dengan Pakistan, perpindahan ini pun tidak menimbulkan efek sosial masyarakat yang berarti sebab London memang sudah ramai populasinya.
London menjadi ibu kota paling pesat berkembang dan zona perkotaan terbesar di Uni Eropa berdasarkan luas wilayah.

sumber

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan