Thursday, January 17, 2013

10 Tips Mencegah Datangnya Jerawat

Tips Mencegah Datangnya Jerawat


Jerawat memang menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang, bahkan banyak yang rela menghabiskan jutaan rupiah hanya untuk menghilangkan jerawat di wajahnya. 
Sesungguhnya  jika kita lebih jeli, banyak bahan-bahan tradisional yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati jerawat.
Jerawat ini umumnya muncul ketika seseorang menginjak usia puber. Namun tak jarang juga yang masih harus bergelut dengan jerawat hingga usia dewasa. Penyebab jerawat itu sendiri bisa berasal dari berbagai faktor, mulai dari faktor internal sampai faktor eksternal tubuh kita sendiri.

Tips-Tips Mencegah Datangnya Jerawat:

1. Jaga Kebersihan Wajah
Membersihkan wajah sangat penting untuk menjaga kulit wajah tetap halus. Membersihkan muka menghilangkan kotoran debu, sel kulit mati dan minyak dari permukaan kulit. Segera bersihkan muka jika berkeringat karena keringat yang bergabung dengan minyak wajah akan mengendapkan kotoran dan bakteri pada pori-pori kulit wajah. Gunakan sabun lembut yang khusus untuk membersihkan wajah.

2. Minum Minimal 8 Gelas Air Putih Sehari
Minum air putih membantu tubuh melakukan detoksifikasi (membuang toksin) dari tubuh. Banyak minum air putih juga membantu metabolisma sehingga melancarkan tubuh memberi nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh termasuk kulit.

3. Berolahraga Secara Teratur
Olahraga membantu melancarkan sirkulasi darah dan membantu distribusi oksigen pada kulit serta mengurangi stress, yang ketiganya merupakan faktor kunci dalam mencegah jerawat.

4. Hindari Stress Secara Positif
Stress merupakan faktor resiko jerawat. Hindari stress dengan cara positif seperti dengan olahraga, yoga, curhat, berkonsultasi, mengikuti kegiatan seni, bernyanyi, dan lain sebagainya.

5. Hindari Lingkungan yang Panas dan Lembab
Lingkungan yang panas dan lembab mendukung timbulnya jerawat. Lingkungan yang panas dan lembab seperti ruang mesin, gudang, dapur atau ruang olahraga yang tidak memiliki ventilasi yang cukup.

6. Selektif Memilih Kosmetik
Kosmetik dapat menimbulkan iritasi atau mendukung kondisi timbulnya jerawat. Pilihlah kosmetik yang tidak berpotensi menyebabkan jerawat. Sekarang banyak produk kosmetik yang berlabel “nonkomedogenik” dan “nonacnegenik” untuk mencegah jerawat.

7. Perhatikan Makanan Anda
Kulit yang sehat membutuhkan nutrisi yang memadai. Sayuran dan buah-buahan banyak mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan kulit. Kurangi makanan berlemak dan berminyak jika anda memiliki wajah yang cenderung berminyak.

8. Perhatikan Perawatan Rambut Anda
Rambut berminyak dapat menambah minyak pada permukaan kulit wajah anda. Produk perawatan rambut yang anda gunakan seperti minyak rambut dapat menempel pada wajah, sehingga mengotori wajah. Jika anda memiliki rambut panjang usahakan tidak mengenai wajah misalnya dengan diikat.

9. Gunakan Barang yang Higienis
Ganti dan cuci sarung bantal secara berkala minimal seminggu sekali. Handuk muka, sapu tangan, atau masker kain harus sering dicuci. Hindari menggunakan topi, helm atau masker yang membuat anda berkeringat secara berlebihan.

10. Hindari Paparan Sinar Matahari
Sinar ultraviolet matahari dapat menyebabkan iritasi, dan memperparah kondisi inflamasi kulit. Sinar matahari juga dapat menyebabkan keringat berlebihan.

Sumber: http://berbagai-manfaat.blogspot.com/2013/01/10-tips-mencegah-datangnya-jerawat.html#ixzz2IE99fXKt

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan