Sunday, January 6, 2013

10 Jamur paling aneh didunia


1. Jamur Otak (Gyromitra esculenta)


Gyromitra esculenta, salah satu dari beberapa spesies jamur yang dikenal sebagai morels palsu, adalah jamur ascomycete dari genus Gyromitra, didistribusikan secara luas di Eropa dan Amerika Utara. Biasanya jamur ini tumbuh di tanah berpasir di bawah pohon jenis konifera pada musim semi dan awal musim panas. Jamur ini berbentuk sebuah otak yang tidak teratur atau topi coklat tua yang dapat mencapai 10 cm dan 15 cm lebarnya. Meskipun berpotensi fatal jika dimakan mentah, Gyromitra esculenta adalah makanan lezat yang populer di Skandinavia, Eropa Timur, dan wilayah atas Danau Besar Amerika Utara. Meskipun populer di beberapa daerah Pyrenees timur, tapi jamur ini dilarang di Spanyol. Jamur otak ini dijual segar di Finlandia, tetapi harus disertai dengan peringatan dan petunjuk tentang persiapan yang benar. Biasanya jamur otak dibikin omelet, sup, atau tumis dalam masakan Finlandia. Bukti terbaru menunjukkan bahwa prosedur keamanan ini tidak dapat membuat jamur seluruhnya aman, sehingga meningkatkan kekhawatiran risiko bahkan ketika disiapkan dengan benar.

2. Jamur Gigi Berdarah (Hydnellum pecki)

Jamur gigi berdarah ini dapat ditemukan di Amerika Utara di mana ia lebih sering tumbuh di Pacific Northwest dan sebagian besar berada di hutan. The Bleeding Tooth juga ditemukan di Eropa dan baru-baru ini telah ditemukan di Iran dan Korea. Sekilas jamur ini mirip gigi berdarah, atau tetesan darah luka hewan yang menempel di jamur putih. Ketika diperiksa lebih dekat, menjadi jelas bahwa jamur ini mengaliri cairan merah melalui pori-pori kecilnya sendiri.

3. Jamur Bola Raksasa (Calvatia Gigantea)

Jamur bola raksasa, Calvatia gigantea, mudah dikenali dari ukuran dan bentuknya. Jamur ini seukuran bola sepak bola. Namun, dapat tumbuh lebih besar lagi.

4. Jamur Devil's Cigar (Chorioactis)

Sebuah jamur berbentuk bintang, yang disebut Devil's Cigar (Chorioactis geaster) adalah salah satu jamur paling langka di dunia. Ini juga dikenal sebagai bintang Texas. Jamur ini telah terdeteksi hanya ada di Texas, dua lokasi terpencil di Jepang, dan yang terakhir di pegunungan Nara. The Devil's Cigar menyerupai kapsul berbentuk cerutu berwarna coklat tua yang berubah menjadi bintang berwarna cokelat ketika ia menjadi terbuka untuk melepaskan spora nya. Ini juga merupakan salah satu dari beberapa jamur yang dikenal yang dapat menghasilkan suara peluit yang berbeda ketika melepaskan spora nya.

5. Jamur Ekor kalkun (Trametes versicolor)

Trametes versicolor, sering disebut Turkey Tail atau "ekor kalkun"

 
6. Jamur Sky Blue (Entoloma hochstetteri)
Entoloma hochstetteri adalah spesies jamur yang ditemukan di Selandia Baru dan India. Jamur kecil dengan warna khas biru, sedangkan insangnya memiliki warna kemerahan. Warnai biru dihasilkan oleh tiga pigmen azulene. Entoloma hochstetteri tidak untuk dimakan, tetapi apakah beracun atau tidak, hal itu tidak diketahui. Spesies ini adalah salah satu dari enam jamur asli yang ditampilkan dalam satu set perangko jamur yang diterbitkan di Selandia Baru pada tahun 2002. Hal ini juga terlihat di bagian belakang nota bank $ 50, yang diterbitkan oleh Reserve Bank of New Zealand pada tahun 1990.

7. Jamur Jenggot (Hericium erinaceus)


Jamur ini terlihat seperti mie atau jenggot. Ini adalah jamur merang dalam kelompok jamur gigi. Di alam liar, jamur ini biasa tumbuh selama akhir musim panas dan jatuh pada kayu keras yang mati, terutama jenis American Beech.

 
8. Jamur Dog Stinkhorn (Mutinus caninus)
Mutinus caninus, umumnya dikenal sebagai Dog Stinkhorn, berbentuk tipis dan kecil, seperti bentuk jamur hutan, dengan ujung gelap. Jamur ini sering ditemukan tumbuh dalam kelompok-kelompok kecil di puing-puing kayu, atau dalam timbunan daun, selama musim panas dan musim gugur di Eropa dan Timur Amerika Utara. Jamur ini umumnya tidak dimakan.

9. Jamur Cahaya (Mycena chlorophos)

Jamur neon hijau ini, atau Mycena chlorophos, muncul selama musim hujan di hutan Jepang dan Brasil. Di batang pohon, ranting yang jatuh, timbunan daun dan tanah lembab menyediakan tempat berkembang biak sempurna untuk jamur ini. Kebanyakan ditemukan di pulau Mesameyama di Ugui, Jepang dan Ribeira Valley Tourist State Park, Brasil. Jamur ini menyala seperti posfor di kegelapan.

10. Jamur Fly Amanita (Amanita muscaria)

Jamur ini adalah jamur beracun, yang merupakan salah satu dari banyak jamur beracun dalam genus Amanita. Ada beberapa subspesies, dan masing-masing memiliki warna topi yang berbeda. Bentuk jamur yang banyak dipakai dalam film animasi dan game Mario Bross.

sumber

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan