Friday, January 18, 2013

6 Penyebab Umum Wanita Belum Juga Memiliki Anak

Setiap pasangan yang menikah, umumnya berharap segera mendapatkan momongan. Memang tidak ada salahnya tidak menunda punya anak, mengingat kondisi fisik kita punya keterbatasan seiring bertambahnya usia. Nah, apakah Anda sudah berkali-kali berusha namun belum juga dikaruniai momongan? Well, mungkin 5 hal ini yang menjadi penyebabnya, Ladies.



1. Usia

Salah satu penyebab Anda sulit memiliki anak mungkin adalah usia. Usia memang pada umumnya akan memengaruhi kondisi fisik wanita, salah satunya kesuburan. Rata-rata wanita di atas 35 tahun memiliki kemungkinan besar untuk sulit hamil karena bermasalah dengan kesuburan mereka. Usia tidak hanya mempengaruhi kesuburan wanita lho, karena semakin tua kualitas sprema pria juga bisa semakin turun.

2. Konsumsi obat dan gangguan kesehatan lainnya

Beberapa obat memiliki kandungan yang menghambat kesuburan wanita. Selain itu, beberapa jenis obat juga bisa memengaruhi kesehatan yang berdampak langsung pada potensi hamil seorang wanita. Bila Anda tidak juga hamil karena kondisi ini, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan atau dokter pribadi Anda.

3. Ketidakseimbangan hormon

Pada kasis ketidakseimbangan hormon, hormon androgen yang membawa karakter maskulin menjadil lebih banyak. Hal ini sering berkaitan dengan obesitas. Tidak seimbangnya hormon dapat menyebabkan gangguan ovulasi serta gangguan pada siklus haid.

4. Kerusakan fisik pada Ovarium

kerusakan fisik pada ovarium cenderung berupa jaringan parut yang terbentuk karena operasi. Beberapa wanita mengalami gangguan kista pada ovarium dan kurang lebih hal ini dapat mempengaruhi potensi kehamilan. Jaringan parut pada panggul atau usus buntu juga diyakini dapat mengganggu potensi wanita untuk hamil.

5. Menopause dini

Menopause dini adalah kurang atau hilangnya siklus menstruasi sebelum berusia 40 tahun. Beberapa terapi pengobatan seperti radiasi bisa menjadi penyebab seseorang mengalami menopause dini.

6. Gaya hidup dan diet berlebihan

Diet berlebihan dan gaya hidup yang kurang baik bisa menjadi penyebab Anda sulit hamil. Minum obat-obatan pelangsing, olahraga hingga terlalu lelah, merokok, stres dan sebagainya bisa mengganggu kesehatan Anda termasuk dalam hal memperoleh kesempatan hamil.

Jangan putus asa dulu bila Anda belum juga dikaruniai anak. Konsultasikan kepada dokter kandungan mengenai kondisi Anda dan suami. Anda juga boleh mencoba beberapa tips unik untuk bisa hamil. Namun pada dasarnya, agar bisa hamil, memang diperlukan pola hidup yang baik, serta kurangi penggunaan obat-obatan yang kurang menunjang kehamilan Anda.
 
 http://blog-ansyari.blogspot.com/2013/01/6-penyebab-umum-wanita-belum-juga.html

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan